Suzuki Ertiga GX MT

Setelah sukses dengan tipe GL, Suzuki kini mengeluarkan varian GX yang menjadi tipe medium dari semua seri Ertiga. Salah satu tipenya adalah Suzuki Ertiga GX MT yang menggunakan transmisi manual sebagai andalannya. Mobil ini banyak berubah dari seri GX di tahun sebelumnya, mulai dari desain, fitur umum, dan juga spesifikasinya.

Spesifikasi Suzuki Ertiga GX MT

Mesin mobil mengandalkan teeknologi VVT. Kapasitas mesinnya adalah 1500 cc. Meski begitu, performanya jauh lebih baik dari edisi sebelumnya. Tenaga mobil ini 104 PS dengan nilai torsi 138 Nm. Jumlah silindernya 4 buah berkatup 16 DOHC. Transmisi manual memiliki 5 level kecepatan. Saat kap mesin dibuka, anda bisa melihat peredam sehingga meminimalisir bising.

Paanjang mobil ini adalah 4395 mm, dengan leebar 1735 mm, tinggi 1690 mm, dan jarak ketinggian dari tanahnya 180 mm. Kapasitas bagasinya adalah 153 liter dan kapasitas tangkinya adalah 45 liter. Sistem keselamatan mobil juga jauh lebih baik dengan modul ABSS, child safety lock, airbag, dan pelindung benturan samping.

Interior Suzuki Ertiga GX MT

Trim pintu mobil menggunakan warna dominan beige terang, sama seperti interiornya secara keseluruhan. Di tipe GX, Suzuki memberikan aksen panel kayu yang ada di pintu dan juga dashboard. Bahan trimnya menggunakan plastik, namun sisi arm-rest sudah diberikan bahan kain. Handle pintunya berwarna krom dengan tombol electric dan kontrol di sisi pengemudi saja. Di bawah pintu ada cup holder, speaker, dan laci.

Kemudi menggunakan bahan pelapis kulit berwarna abu-abu. Stir terkesan mewah karena bagian bawahnya yang flat, terdapat aksen kayu, bagian tegngahnya terdapat ring krom, dan audio steering switch di sisi kiri. Sayangnya, kemudi hanya bisa tilt dan belum teleskopik. Bagian speedometer mobil tampil lebih sporty namun MID masih berwarna monokrom.

Head unit menggunakan monitor JVC dengan beberapa fitur di dalamnya, di antaranya adalah Waze, iPod, Bluetooth, USB, AUX, dan Spotify. Tampilan head unit lebih menyatu dengan sisi dashboard sehingga tidak terkesan aftermarket. Kisi AC di bagian atas layar head unit diatur secara digital karena terdapat fitur auto-climate dan bisa dijadikan heater.

Kapasitas penumpang mobil ini adalah 7 orang. Joknya brwarna coklat kombinasi dengan beige. Meskipun headrest-nya adjustable dan hand-grip sudah menggunakan model retract, sayangnya sabuk pengaman kembali menggunakan versi fix tanpa height adjuster seperti Suzuki Ertiga GL AT. Pengaturan kursi bisa sliding, rebah, dan ketinggiannya.

Exterior Suzuki Ertiga GX MT

Mengusung tema yang futuristik, Suzuki menyematkan desain lampu utama yang tipis dan terkesan kecil. Lampu utama dan seinnya menggunakan halogen proyektor, sama seperti dengan tipe Suzuki Ertiga GA MT. Tak hanya itu, bagian bawahnya juga sudah dilengkapi dengan lampu kabut berjenis halogen kristal multireflektor untuk memaksimalkan jarak pandang di perjalanan.

Tampilan di bagian depan mobil sangat kuat karena grille-nya yang menggunakan desain krom yang putus-putus. Hampir semua Ertiga kecuali Suzuki Ertiga Sport MT menggunakan desain grille yang seperti ini. Bagian bawah mobil tampil dengan bumper berwarna hitam dan sebagiannya bagian dari bodi. Namun, tidak ada bodi kit yang nampak seperti seri Sport.

Desain velg Ertiga yang masuk di Indonesia sangat trendi. Selain motifnya yang seperti kipas, warna catnya juga two-tone dengan campuran silver dan hitam. Ban yang digunakan Dunlop denga profil 185/65 R15. Spion mobil sewarna dengan bodi dan ditambah denga sein LED di bagian bawahnya. Akses masuk pintunya berupa smart key dengan handle berwarna krom.

Tipe GX kini sudah memiliki LED bar yang menyala hingga ke bagian atas untuk lampu sisi belakang. Ini merupakan improveement yang paling mnonjol di tipe GX. Lampu senja dan lampu remnya juga sudah menggunakan titik-titik LED. Kamera parkir belum ada di tipe ini, namun sensor parkir dua titik ada di bagian bawah mobil. Tak hanya wiper, mobil ini juga sudah memiliki defogger belakang.

Harga Suzuki Ertiga GX MT

Setelah dilakukan improvement di beberapa bagiannya, unit Suzuki Ertiga GX MT naik sekitar Rp 3,5 juta dari harga sebelumnya. Kini, mobil MPV ini dijual pada harga Rp 229,5 juta untuk on the road di wilayah Jabodetabek. GX menjadi tipe yang mengalami banyak kemajuan jika dibandingkan tipe Ertiga lain yang diubah pada tahun 2019. Sementara harganya hanya naik tipis dari generasi sebelumnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *