Suzuki Ertiga GX AT

Di kelas medium, Suzuki memproduksi Ertiga dengan seri GX. Tipe yang satu ini terbagi dua varian, yakni yang bertransmisi otomatis dan manual. Suzuki Ertiga GX AT masuk ke dalam jajaran low MPV namun fiturnya sudah mengalami improvement di edisi terbaru. Desainnya juga lebih fresh ketimbang varian yang lainnya sehingga harganya juga lebih tinggi dari GA dan GL.

Spesifikasi Suzuki Ertiga GX AT

Meskipun sudah difacelift, isi dari dapur pacu mobil tidak memiliki perbedaan. Tipe mesin yang digunakan masih K15B dengan kapasitas silinder 1500 cc. Tenaga yang dihasilkan adalah 92 PS dan torsinya 138 Nm. Dibanding seri sebelum facelift, tenaga mobil ini menjadi turun. Namun kelebihan dari peenurunan tenaga ini adalah konsumsi BBM-nya yang menjadi lebih irit.

Panjang mobil ini adalah 4395 mm, lebar 1735 mm, tinggi 1690 mm, dan ground clearancenya yang setinggi 180 mm. Kapasitas tangki BBM bisa menampung 45 liter sementara kapasitas bagasinya 153 liter. Fitur keselamatan mobil juga jauh lebih baik daripada sebelum facelift di antaranya adalah modul ABS, child safety lock dan dual SRS airbag.

Interior Suzuki Ertiga GX AT

Trim pintu mobil tampil menawan dengan warna beige yang ditambah ornamen silver. Bahannya sebagian plastik berkualitas tinggi dan sebagian tertutup oleh bahan kain. Tuas pembuka pintunya sudah beraksen krom. Khusus di samping pengemudi ada tombol central lock, window lock dan power door lock. Sisi bawah pintu ada door pocket dan cup holder.

Kemudi meenggunakan warna yang gelap yakni abu-abu. Ada 3 palang pada kemudi dan sisi kirinya terdapat audio steering switch. Pengaturan kemudi hanya bisa tilt dan tidak bisa teleskopik. Bagian belakang kemudi adalah speedometernya yang berwarna bakcground amber. Di bagian MID, ada informasi yang berupa sensor temperatur di luar ruang mobil.

Sistem audio mobil menggunakan 2DIN. Fitur hiburan mobil ini hanya sebatas radio AM/FM, CD player dan juga soket USB. Tidak ada monitor pada mobil ini kecuali di seri Sport. AC mobil juga peengaturannya masih manual seperti Suzuki Ertiga GA MT. Namun arah semburannya bisa diatur bahkan hingga ke bagian defogger depan.

Jok mobil terbuat dari bahan kain berwarna beige. Ada 3 baris kursi dengan jumlah kapasitas penumpang hingga 8 orang. Selain headrest, sabuk pengaman di tipe ini sudah adjustable. Kursi bisa reclining dan juga sliding. Bahkan khusus pengemudi, kursi bisa diatur ketinggiannya dengan tuas di bagian bawahnya. Fitur airbag juga sudah ada dan khusus untuk penumpang depan.

Exterior Suzuki Ertiga GX AT

Lampu utama mobil didesain dengan ukuran yang sangat besar dan menyerupai bentuk mata elang. Di dalamnya adalah lampu utama halogen proyektor, lampu jauh dan lamp sein yang semuanya masih menggunakan halogen. Tipe GX juga sudah mendapatkan lampu kabut halogen multi reflektor di bagian bawahnya sehingga penerangan mobil ini cukup maksimal.

Tampilan depan mobil cukup berbeda dengan varian yang sebelum imrpovement. Kini bagian grille memiliki bilah krom berjumlah 3 buah dan ukurannya cukup besar. Bagian ujung-ujungnya saling menyambung dengan logo Suzuki di sisi tengahnya. Krom juga terdapat pada cover fog lamp mobil. Sementara bumper tidak mengalami peerubahan, masih terbuat dari bagian bodi mobil.

Desain velg berbentuk jari-jari dengan 5 palang utama. Warnanya silver tone, masih sama seperti Suzuki Ertiga GX MT. Ban yang digunakan adalah GT Radial dengan profil 185/65 R15. Spion mobil sewarna dengan bodi dan meendapatkan lampu sein LED di bagian bawahnya. Handle pintu sudah menggunakan krom, namun sayangnya akses masuk kee dalam mobil belum keyless entry.

Lampu bagian belakang desainnya membulat seperti tetesan air. Jenis lampunya masih menggunakan halogen. Bagian atas terdapat spoiler dan juga stop lamp berupa titik. Meski tidak ada defogger belakang, namun sudah ada wiper. Suzuki tidak menyertakan kamera parkir di mobil ini, namun sudah ada sensor parkir 2 titik seperti Suzuki Ertiga GL AT.

Harga Suzuki Ertiga GX AT

Harga mobil Suzuki Ertiga GX AT dibanderol pada kisaran Rp. 236,5 juta. Harga ini leebih mahal sekitar Rp. 7 juta dari seri yang menggunakan transmisi manual. Tidak banyak perbedaan antara kedua tipe tersebut kecuali bagian transmisi. Desain dan fitur pada umumnya tetap sama.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *